borjois

WELCOME TO MY BLOG

Ketik yg Anda Cari

Memuat...

18/01/11

Perbedaan antara objek dengan class

   Objek :
n  Secara sederhana, objek merupakan segala sesuatu yang dapat dibedakan satu sama lainnya. Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah objek. Contohnya: manusia, mobil, hewan, tumbuhan, tempat, atau bahkan yang tidak bersifat fisik seperti kejadian atau konsep-konsep. Sehingga bisa disimpulkan bahwa objek tidak harus bersifat fisik, karena jika dikaitkan dengan OOP objek akan menjadi bentuk logis.Suatu entitas yang mampu menyimpan informasi (status) dan mempunyai operasi (kelakuan) yang dapat diterapkan atau dapat berpengaruh pada status objeknya.
n  Objek dalam konsep OOP masih memiliki keadaan dan sifat seperti halnya objek di dunia nyata, karena pada dasarnya objek dalam OOP merupakan representasi dari dunia nyata. Objek dalam OOP merepresentasikan keadaan melalui variabel, sedangkan sifatnya direpresentasikan menjadi method. Method merupakan suatu fungsi (sub-routine) yang berhubungan dengan objek.
n  Dalam konteks OOP, objek adalah instansiasi (yang dibentuk secara seketika) dari kelas pada saat eksekusi (seperti halnya deklerasi variabel pada pemograman prosedural).
n  Jadi semua objek adalah instan dari kelas.
n  Obyek merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas.
n  Sehingga kelas digunakan untuk menciptakan banyak objek
n  Proses pembentukan obyek dari suatu class disebut dengan instantiation.
n  Obyek disebut juga instances.

Karakteristik objek :
n  Setiap obyek memiliki atribut sebagai status
n  (state).
n  Setiap obyek memiliki tingkah laku (behavior)
n  Contoh: obyek sepeda
q  Memiliki atribut (state) : pedal, roda, jeruji, warna, jumlah roda.
q  Memiliki tingkah laku (behavior) : kecepatanya menaik, kecepatannya menurun, perpindahan gigi sepeda




Class :
n  class merupakan suatu konsep yang lebih tinggi lagi hierarkinya dari objek yang dihasilkan dari proses generalisasi objek-objek yang memiliki beberapa ciri yang sama. Dalam OOP, kelas merupakan suatu hasil pemodelan fakta-fakta dari suatu objek yang berguna bagi suatu aplikasi yang diprogram. Proses pemodelan fakta-fakta tersebut disebut dengan abstraksi.
n  Dalam suatu sistem, sering kali ditemui beberapa obyek sejenis
n  Beberapa obyek sejenis dapat di-identifikasi sebagai suatu kelas (class)
n  Kelas mendefinisikan bentuk dan perilaku objek
n  Kelas adalah  template/ prototype yang mendefinisikan Type objek
n  Merupakan sarana pengkapsulan kumpulan data danmetode-metode yang beroperasi pada kumpulan data     
n  Kelas merupakan “cetakan” (blueprint) dari suatu obyek
n  Dari suatu kelas kita dapat membuat obyek-obyek baru yang masing-masing dapat memiliki keadaan yang berbeda-beda
n  Dalam suatu sistem, sering kali ditemui beberapa obyek sejenis
n  Beberapa obyek sejenis dapat di-identifikasi sebagai suatu kelas (class)
n  Kelas mendefinisikan bentuk dan perilaku objek
n  Kelas adalah  template/ prototype yang mendefinisikan Type objek
n  Merupakan sarana pengkapsulan kumpulan data danmetode-metode yang beroperasi pada kumpulan data     
n  Kelas merupakan “cetakan” (blueprint) dari suatu obyek
n  Dari suatu kelas kita dapat membuat obyek-obyek baru yang masing-masing dapat memiliki keadaan yang berbeda-beda


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

traffic