borjois

WELCOME TO MY BLOG

Ketik yg Anda Cari

Powered By Blogger

24/11/10

Antara HUB dan SWITCH

Perbandingan Hub dan Switch














Hub dan Switch merupakan salah satu alat yang digunakan dalam membangun suatu jaringan komputer yang biasanya jaringan tersebut terdiri dari 2 atau lebih komputer. Biasanya alat ini digunakan dalam membangun jaringan LAN (Local Area Network). Topologi yang menggukan kedua device ini adalah topologi star. Berikut ini adalah perbandingan atau perbedaan kedua alat tersebut.  berikut :
 Berdasarkan penyampaian data
Sebuah hub saat menerima data, maka akan mentransmisikan data yang masuk tersebut ke seluruh komputer atau perangkat yang terhubung ke jaringan. Bahkan hub akan mengirimkan data yang dia terima ke switch jika hub tersebut juga terhubung dengan switch. Tapi sebuah switch hanya akan mentransmisikan data ke komputer yang berhak atas data tersebut.
2.       Kemampuan Mengenali Komputer (Perangkat yang terhubung)
Hub hanya mampu mengenali piranti atau komputer yang terhubung melaliu IP saja, sehingga saat mendapat data akan mentransmisikannya keseluruh perangkat / komputer yang terhubung kejaringan, seperti pada penjelasan sebelumnya. Dan alsan kenapa switch dapat mengirimkan data kepada komputer atau perangkat yang tepat adalah karena switch dapat mengenali perangkat atau komputer melalui MAC address yang dimiliki oleh sebuah komputer yang terhubung ke jaringan.
3.       Berdasarkan posisi dalam OSI Layer
Hub merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual beroperasi pada layer 1 (Physical Layer). Maksudnya, hub tidak menyaring menerjemahkan sesuatu, hanya mengetahui kecepatan transfer data dan susunan pin pada kabel. Switch merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual berada pada layer 2 (Datalink Layer). Maksudnya, switch pada saat pengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC (Network Interface Card) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima.
4.       Berdasarkan cara kerja dan kemungkinan tabrakan
Sebuah hub hanya bisa bekerja secara half-duplex, sedangkan switch dapat bekerja secara full-duplex. Dalam menjalankan tugasnya hub aka secara terus menerus mengirimkan sinyal paket data keseluruh komputer, meskipun data yang dikirimkan sudah diterima oleh komputer tujuan. Hal semacam ini akan lebih beresiko menimbulkan tabrakan data atau colossion. Switch mengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima. Jika ada collision yang terjadi merupakan collision pada port-port yang sedang saling berkirim paket data. Kemungkinan terjadinya collision pada switch lebih kecil, karena Switch memiliki collision control pada setiap portnya, sedangkan hub hanya memilikisatu collision control.
5.       Berdasarkan kecepatan transfernya
Hub harus mengirimkan setiap data yang ia terika keseluruh komputer yang terhubung kejaringan. Sehingga bandwidth yang ada akan di bagi ke tiap-tiap port, semakin banyak portnya maka akan semakin kecil bandwidth yang didapat oleh setiap port dan pengiriman data akan semakin lambat. Sedangkan pada switch pengiriman paket data memiliki tujuan yang jelas, sehingga port yang dilaliu juga sudah pasti dan hanya satu port saja sehingga bandwidth yang digunakan adalah bandwidth secara penuh.
6.       Adanya teknologi VLAN
Switch diperkuat oleh teknologi VLAN ( Virtual LAN ) dimana dia mampu Mensegmentasi jaringan LAN secara logika tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Teknologi VLAN yang ada di switch tidak akan kita temukan pada hub.
7.       Berdasarkan harga 
Dari kekmampuan yang dimiliki kedua perangkat tersebut maka harganya akan berbeda. Sebuah switch akan memiliki harga yang relatif lebih mahal. Tapi kemampuannya juga lebih baik dibandiingkan dengan hub yang harganya dipasaran akan relatif lebih murah dengan adanya keterbatasan kemampuan yang dimilikinya.


PERBEDAAN YG SANGAT TAMPAK IALAH :

Hub                                                                                       Switch
10 Mbps 10                                                                          100 Mbps
Selalu broadcast                                                                  Hanya sekali broadcast
Tidak mempunyai CAM                                                     Table Mempunyai CAM Table
Half duplex                                                                            Full duplex
Tidak aman                                                                           Aman
Satu jalur dipakai bersamaan                                             Banyak jalur yang bisa dipakai
Ada di layer 1 (7 OSI Layer)                                              Ada di layer 2
Tidak membaca MAC Address                                         Membaca MAC Address
Tidak membuat virtual sirkuit                                             Membuat virtual sirkuit
Sering terjadi collision                                                         Tidak terjadi collision
1 atau lebih hub, 1 collision domain                                  1 port, 1 collision domain
Kecepatannya di share                                                        Kecepatannya tidak dishare
Susah dicari barangnya                                                       Gampang dicari

1 komentar:

traffic